Drama Musikal SMAK HI: Dawai Cinta yang Hilang (1 September 2018)

Drama musikal kembali digelar tahun 2018 ini dalam rangka HUT ke-10 SMAK PENABUR Harapan Indah (AHI). AHI memang memiliki potensi seni yang luar biasa. Penghargaan yang diperoleh siswa AHI melalui seni sangat menonjol. Band, modern dance, dan paduan suara  merupakan ekstrakurikuler yang banyak menunjukkan hasil gemilang. Tambahan lagi, paduan suara Cantate Quire berhasil meraih Gold Medal tingkat nasional di Bali pada Juli 2018.

Dawai Cinta Yang Hilang (drama musikal SMAKHI)

Perpaduan seni tari, teater, paduan suara, dan band dikemas menjadi drama musikal. Karya drama musikal ini merupakan kolaborasi guru-guru dan pelatih ekstrakurikuler. Sutradara oleh Yogi Pranowo, guru seni teater yang pernah mengajar di SMAK HI hingga tahun pelajaran 2015-2016. Penulis naskah adalah Suryani Waruwu, guru Bahasa Indonesia dari awal AHI berdiri. Begitu pula dengan Siswati Tri Deviany, guru seni vokal dan ekstrakurikuler paduan suara yang telah bergabung dengan AHI sejak awal. Sementara itu, koreografi perpaduan antara Novita Herniati, guru seni tari AHI dan Hansen, siswa angkatan 8 yang baru saja lulus. Tak ketinggalan Eriq Juno, pelatih ekstakurikuler band yang memberikan warna tersendiri pada setiap lagu yang dinyanyikan.

Kolaborasi drama musikal ini sangat menarik karena para pemain mulai dari angkatan ke- 1 hingga angkatan ke-10. Selain itu, ada dua guru yang ikut bermain, seperti Rosma Pandiangan dan Kevin Bob Lestari. Perpaduan pemain ini tidak hanya membatasi pada potensi siswa, tetapi juga potensi guru. Mereka berperan dalam kisah “Dawai Cinta yang Hilang.”

Dawai Cinta yang Hilang merupakan  cerita yang berlatar tempat dan waktu di AHI. Para penonton yang hadir pun ikut melakukan berperan. Hal yang menarik ketika penonton terlibat dalam sebuah pertunjukan. Para penonton diminta berdiri ketika tokoh  menyanyikan lagu Mars BPK PENABUR satu bait. Dengan lengan disilangkan di dada kiri, penonton makin disajikan dengan ciri khas PENABUR. Penonton yang tidak hanya para siswa AHI, siswa SMP, tetapi juga orang tua semakin menyadari identitas diri sebagai bagian dari PENABUR Harapan Indah.

 

Sinopsis

Penampilan Pak Kevin (drama musikal SMAKHI)

Hari itu merupakan hari yang buruk nampaknya bagi Nadya (Ayu Jasmine). Pekerjaan yang banyak menumpuk, pacarnya yang mengajaknya  untuk nge-date di saat yang tidak tepat sehingga membuat Nadya tambah kesal. Belum lagi masalah persahabatannya dengan Lius (Lius), sahabatnya dari SMA. Mereka bertengkar akibat perbuatan mereka di masa SMA.

Ketika SMA bertahun-tahun yang lalu, Lius (Kezhia Levianti) bersama Joshua (Darryl Anthony) melatih adik-adik kelasnya saat MPLS2B. Mereka melatih cara berpakaian ala SMAK PENABUR Harapan Indah yang benar, mengumandangkan lagi mars BPK PENABUR satu bait dengan benar, dan baris-berbaris. Nadya (Marcella Angelica) saat itu sedang kedapatan “apes”, kepergok oleh Lius datang terlambat dan memakai seragam tidak rapi. Lius tak habis-habisnya memarahi Nadya akibat perilakunya itu. Nadya tertunduk malu bahkan menangis. Namun, Joshua menenangkan Lius yang sedang naik pitam itu serta membela Nadya yang malang. Hal itulah yang membuat Nadya baper dan semenjak itu menyukai Joshua diam-diam. Tak lama kemudian Nadya dan Joshua berpacaran.

Hari-hari berlalu, Nadya dan Lius sering curhat kepada teman-teman mereka tentang perasaan mereka ke Joshua di perpustakaan. Mereka kadang menggoda Lius dan Nadya. Lius menaruh hati ke Joshua, tetapi Joshua sudah milih Nadya. Ternyata, Lius merupakan teman dekat Nadya. Nadya menjadikan Lius sebagai tempat curhatnya. Tanpa ia sadari, curhatan-curhatan tersebut meninggalkan goresan di hati Lius. Hal tersebut dikarenakan perasaan Lius terhadap Joshua.

Nadya mengira ia akan bisa terus menerus bersama Joshua. Betapa kelirunya dia!  Mereka putus saat Joshua mulai sekolah kepilotan. Lebih buruknya lagi, Joshua meninggal akibat kecelakaan. Baik Nadya, maupun Lius mengalami hal yang sama-sama pedih; ditinggalkan orang yang mereka cintai. Mereka mengalami luka yang sama.

Mereka tetap bersahabat dan melanjutkan hidup mereka sampai mereka menjalankan profesi mereka masing-masing. Namun, mereka menyimpan perasaan masing-masing walaupun Lius menjadi karyawan Nadya pada saat mereka dewasa.

Di masa sekarang, Nadya yang baru ngambek itu dengan Lius berusaha dihibur oleh pacarnya, Kevin (Pak Kevin). Nadya yang sedang ngambek itu tidak mau sedikitpun mendengarkan saran dari Kevin agar mereka baikan. Akibatnya, Kevinlah yang kena imbasnya. Namun, itu tidak mematahkan semangat Kevin untuk menghibur Nadya. Bahkan, Kevin tidak sekadar dapat menghibur Nadya, ia membuat Nadya dapat kembali menjalin hubungan baik dengan Lius.

Fransiska Regita Setianingrum/11 SOS 1