Belajar Menghargai Seni dari Museum “MACAN”

Museum Macan-Jakarta

Weekend nanti bingung mau ke mana? ke Mall? Hmm, udah mainstream. Ke kafe? Mungkin sebagian orang tiap malam minggu ke sana. Tapi gimana kalau weekend nanti ke museum? Ya! Museum MACAN!

Museum MACAN ini bukan sembarang museum, dan sebenarnya tidak ada macannya, melainkan museum seni. Arti museum MACAN ini sebenarnya adalah Museum of Modern Art and Contemporary Art in Nusantara. Jadi, museum MACAN ini memberikan akses untuk publik untuk melihat dan mempelajari  koleksi seni, berupa lukisan ataupun instalasi.

Museum MACAN terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dalam waktu dekat ini museum MACAN mengangkat karya seniman ternama asal Jepang, yaitu Yayoi Kusama yang diberi judul Yayoi Kusama: Life is the Heart of A Rainbow. Pameran kedua ini rencananya akan menampilkan sekitar 130 karya Yayoi Kusama dalam beragam bentuk, seperti patung, lukisan, hingga instalasi modern seperti video.

Contoh karya Yayoi Kusama sebagai berikut.

Bagaimana? Tertarik? Untuk tiket masuk ke museum ini, tiket pelajar dan lansia sebesar Rp 90.000,- anak sebesar Rp 80.000,- dan tiket orang dewasa sebesar Rp 100.000,-. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk kalian pecinta seni atau kalian yang senang untuk berswafoto. Jadi, jangan lupa untuk menghargai karya seni orang lain  dengan cara tidak merusak karya tersebut dan mengapresiasi karyanya, ya.

(David Fernando / XI MIPA 2)