Lika-Liku Siswa SMAK HI di SNMPTN dan SBMPTN tahun 2018

SNMPTN adalah salah satu cara masuk perguruan tinggi negeri. Hal terberat selama hidup kita adalah mencari kuliah yang tepat untuk kita. Tapi bukan berarti sangat sulit, buktinya beberapa dari kakak kelas di SMAK Penabur HI mendapatkan jalur undangan untuk masuk perguruan tinggi di ITB dan beberapa perguraan tinggi yang lain.

Seleksi SNMPTN 2018 untuk SMAK HI

Sebenarnya dari yang terlihat oleh kita, mereka itu berjuang sangat keras. Dari mereka kelas 10 sampai sekarang, mereka telah mendapatkan apa yang telah mereka idamkan.

Lalu apa sih arti dari SNMPTN? Dan bagaimana cara mendapatkannya? SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri. Dan cara mendapatkan undangan untuk memasuki perguruan tinggi melalui SNMPTN adalah dengan mendapatkan nilai yang baik dalam rapot dari semester 1-6 di SMA. Wah sulit juga yah apa lagi kita kita yang suka remed, tapi jangan pernah menyerah karena SNMPTN bukan satu-satunya cara untuk masuk perguruan tinggi, tapi ada lagi. Cara lainnya adalah SBNPTN.

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri. Dan SBMPTN ini akan selalu menerima seseorang untuk mengikutinya, karena dari SBMPTN siswa hanya perlu mengikuti tes dan mendapatkan nilai yang baik pada tes tersebut untuk masuk kuliah. Dan dari SBMPTN kita dapat memilih TPA (tes potensi akademik) yang sesuai dengan kemampuan kita. Ketentuan ketentuan yang lain selain nilai baik pada tes adalah kita dapat memilih untuk melakukan Paper Base Test atau Computer Base Test. Setiap tahunnya pendaftaran SBMPTN berbeda, jadi jika ingin mengikutinya kalian harus mempersiapkan diri sebaik baiknya.

Inilah saatnya kalian para kelas 10 dan kelas 11 belajar lebih giat untuk dapat mengikuti SNMPTN atau SBMPTN. Jangan lupa walau kalian tidak dapat melewatinya, kalian sudah berusaha dan  berserah pada Tuhan. Berdoalah selalu dan minta pertolongan pada Tuhan serta belajarlah lebih giat.

Timothy T-Tim Jurnalistik