Dari Polos hingga Warna – Warni (Mural di RPTRA Pondok Bambu Berseri, Jakarta Timur)

Hari Rabu, 21 April 2018, OSIS SMAK PENABUR Harapan Indah dan OSIS SMAK 5 Penabur mengadakan Mural di RPTRA Pondok Bambu Berseri, Jakarta Timur.

Mural adalah seni melukis dinding menggunakan cat. Berbeda dengan Grafitti yang menghias dinding dengan tulisan, Mural membebaskan pelukis untuk berkreasi dengan berbagai gambar di dinding.

Muray yang selesai dikerjakan

Muray yang selesai dikerjakan

OSIS SMAK HI mengirimkan perwakilan sebelas orang seniman cilik untuk menghias dinding RPTRA Pondok Bambu Berseri. RPTRA itu sendiri merupakan tempat bagi anak – anak sekitar untuk bermain dan belajar bersama.

Mural sedang dalam proses pembuatan

Tema yang ditentukan SMAK HI adalah Hewan Endemik dan Makanan Khas Indonesia sedangkan SMAK 5 mengusung tema Literasi. Pada awalnya, tim SMAK HI menggambar hewan – hewan dan makanan menggunakan pensil di dinding. Mereka mengubah dinding putih polos menjadi dinding warna-warni dengan waktu 6 jam. Mereka menggambar elang, anoa, badak, pesut, ubur – ubur, harimau, orang utan, cendrawasih, kus – kus, serta kelapa muda, es lilin, sate, monas, dan angklung.

Proses pewarnaan

“Seru banget kegiatannya, bisa berkreasi coret – coret dinding tanpa dimarahin mama,” ujar Ery. Begitulah kesan salah satu anggota tim SMAK HI.

 

Jessica Elisabeth – Tim Jurnalistik SMAK PENABUR HI